Yamaha Sesumbar Motornya Lebih Kencang di MotoGP 2023

Yamaha Sesumbar motornya lebih kencang karena mengalami pengembangan sehingga musim depan akan lebih kompetitif

Yamaha Sesumbar Motornya Lebih Kencang di MotoGP 2023
Photo: Twitter

TRENOTO – Massimo Meregalli selaku Team Director Yamaha sesumbar motornya lebih kencang pada MotoGP 2023. Hal tersebut diyakini karena proses pengembangan dilakukan oleh tangan yang benar.

MotoGP 2022 telah melewati sembilan seri balapan sejauh ini. Pabrikan motor berlambang garpu tala mampu mengantarkan pembalap andalannya, Fabio Quartararo ke posisi teratas di klasemen sementara.

Yamaha memang tidak serta merta tampil mengilap sejak awal musim. YZR-M1 masih tidak seimbang dan terlihat pada saat balapan.

Hanya Quartararo yang mampu tampil mengesankan pada setiap balapan. Setidaknya rider asal Perancis ini mampu bersaing dengan para kompetitor.

Photo : Twitter

Berbeda dengan tiga pembalap Yamaha lainnya yang kerap menempati posisi paling buncit setiap balapan. Franco Morbidelli, Andrea Dovizioso hingga Dayyrn Binder masih terseok-seok di belakang.

Quartararo dengan segala kemampuannya dan mental juara mampu mengatasi kelemahan Yamaha. Meskipun pada dua hingga seri awal dirinya sempat kewalahan melawan power Ducati di lintasan cepat.

Namun berkat tampil konsisten dan berhasil memenangkan balapan di Barcelona. Ia sekarang menduduki klasemen teratas sementara.

Melihat pembalapnya harus berjuang keras setiap balapan mengatasi kelemahan Yamaha, Meregalli memberikan pujian. Ia mengatakan Quartararo merupakan pembalap yang sangat berdedikasi.

“Fabio masih mengembangkan kemampuannya setiap waktu dan dia lebih cepat dari tahun lalu. Saya tahu dia sangat mendeterminasi dan selalu fokus dengan apa yang dikerjakan,” ucap Meregalli seperti dikuti GPOne.

Lebih lanjut Meregalli menjelaskan bahwa pada sesi tes di Barcelona pasca balapan, Quartararo melakukan pengetesan pada dua model sayap baru. Lalu pembalapnya bisa tampil 100 persen saat pengujian.

Photo : Twitter

Musim depan dikatakan Yamaha kedatangan insinyur eks Ferrari F1 yakni Luca Marmorini. Dipimpin Takahiro Sumi selaku kepala pengembangan, Ia meyakini Yamaha YZR-M1 akan tampil lebih cepat.

“Motor ini akan lebih cepat, saya meyakininya karena Takahiro Sumi akan menjadi kepala pengembangan motor. Dia selalu bersikap terbuka dan mengerti apa yang harus dikembangkan dengan baik,” jelasnya kemudian.

Yamaha dikatakan akan mulai menguji motor barunya pada sesi tes tidak lama lagi. Adapun Yamaha musim depan akan terjun sendirian tanpa tim satelit karena Razlan Razali dengan timnya WithU RNF akan membela Aprilia di MotoGP 2023.

Artikel Terkait