Bongkar Kelebihan dan Kekurangan All New Honda PCX 160

All new Honda PCX 160 hadir dengan sejumlah pengembangan pada bagian mesin, eksterior hingga fitur-fiturnya

Bongkar Kelebihan dan Kekurangan All New Honda PCX 160
Photo: AHM
rating Trenoto:

Honda PCX generasi terbaru telah dilengkapi fitur-fitur terkini

tidak ada fitur konektivitas seperti pesaingnya Yamaha Nmax

TRENOTO – All new Honda PCX 160 hadir di Indonesia dengan pengembangan di berbagai sektor untuk menandingi kompetitornya yakni Yamaha Nmax.

All new Honda PCX 160 sudah ramai diperbincangkan sebelum unitnya resmi dipasarkan di Tanah Air. Kehadiran skutik gambot generasi terbaru diharapkan mengalami ubahan besar khususnya di bagian mesin.

Tidak hanya itu, masyarakat juga mengharapkan adanya penambahan fitur-fitur baru yang modern. Hal ini guna meladeni Yamaha Nmax yang kini dilengkapi dengan fitur konektivitas mutakhir.

PT Astra Honda Motor (AHM) sendiri baru memperkenalkan All new Honda PCX 160 pada Februari 2021. Seolah menjawab keluhan konsumen, AHM menyajikan pengembangan pada skutik yang masuk di kelas 150 cc ini.

Pabrikan motor berlambang Sayap Mengepak ini datang dengan fitur baru yakni kontrol traksi. Inovasinya memberikan rasa aman yang lebih saa dikendarai di berbagai medan jalan.

PCX yang memiliki makna Personal Comfort Saloon ini tidak menawarkan ubahan penampilan yang terlalu istimewa. Bertambahnya lekuk bodi membuat wujud kendaraan menjadi agresif namun tidak meninggalkan kesan elegan.

Di balik itu, Honda justru membenamkan rangka baru yang dikatakan memberikan tingkat kestabilan lebih baik dari sebelumnya. Ubahan sasis dibarengi dengan penggunaan roda berdiameter berbeda depan dan belakang.

Sentuhan baru pada diameter roda dikatakan bisa memberikan respon yang lebih baik saat melakukan manuver. Artinya kendaraan bisa lebih stabil saat membutuhkan performa ciamik di jalan-jalan perkotaan yang padat.

Photo : AHM

Untuk membuktikannya, AHM memberikan kesempatan singkat para awak media untuk mencoba langsung unit terbaru mereka. Area test ride AHM sendiri dirancang untuk membuat motor membuktikan keunggulan fitur-fitur terbarunya.

  • Mesin

Sebagai pelopor skutik berbodi gambot di Indonesia, Honda PCX memiliki masalah yang cukup banyak dikeluhkan pada sektor ini. Akselerasi awal motor ini kerap dibarengi dengan getaran berlebih.

Para pemiliknya terdahulu menyesalkan adanya penyakit bawaan pabrikan pada bagian CVT-nya. Sistem penggerak motor ini akan semakin terasa getarannya (gredek), ketika menghadapi kondisi jalanan macet.

Sejak diperkenalkan sebagai unit rakitan lokal, masalah gredek mengalir deras di masyarakat. Bahkan sempat beredar adanya keluhan konsumen yang berujung petisi untuk mendesak AHM melakukan recall.

All new Honda PCX 160 mengusung mesin baru yang tidak hanya sekedar bertambah kapasitasnya. Jantung pacu 156.9 cc didapat dari pengembangan diameter beberapa komponen di dalam ruang bakar.

Photo : AHM

Salah satunya adalah diameter piston yang membesar dari ukuran awalnya 57.3 mm menjadi 60.0 mm. Namun langkah piston atau biasa dikenal stroke justru menciut menjadi 55.5 mm dari 57.9 mm.

Ubahan tersebut tentunya dapat disimpulkan bahwa Honda mengejar putaran atas yang lebih responsif. Mesin akan mendapatkan tenaga maksimal mulai dari kondisi 4.000 rpm.

Belum lagi adanya penambahan rasio kompresi mesin yang semula 10.2 : 1 menjadi 12 : 1. Peningkatan ini semakin membuat titik didih mesin bertambah dan diharapkan lebih cepat menyemburkan daya yang dibutuhkan.

Risikonya adalah motor akan kehilangan momentum di putaran bawah. Hal ini karena mesin dipaksa mendorong piston yang diameternya lebih besar.

Mesin yang lebih responsif dari putaran menengah hingga atas, akan membuat seluruh komponen di dalam ruang CVT bekerja dengan optimal.

Untuk menghilangkan masalah, banyak konsumen yang menyiasatinya dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan memberikan lubang pada tutup sekaligus penampang kampas ganda.

Photo : AHM

Namun apa yang dilakukan AHM pada all new Honda PCX 160 justru sebaliknya. Manufaktur yang identik dengan warna Merah ini justru menutup seluruh lubangnya.

“Menurut riset kami, adanya gejala gredek karena kotoran yang masuk dari area luar. Sehingga untuk mencegah hal itu terjadi, lubang tersebut ditutup dan ini sudah paling optimal, ucap Ade Muhajir di sela-sela sesi test ride kala itu.

Mesin all new Honda PCX 160 juga dilengkapi dengan teknologi 4-valve (2 in dan 2 out) juga eSP+. Teknologi yang tersebut terakhir berguna untuk meminimalisir gesekan di ruang mesin.

Selain itu, mereka juga mengembangkan teknologi untuk membuat suhu mesin tetap optimal. Caranya dengan membenamkan high rigidity crankshaft with roller bearing, piston oil jet, optimizing airflow dan hydraulic tensioner lifter stopper.

Artikel Terkait