First Drive Suzuki Ertiga Hybrid Sport, Minim Getaran

Suzuki Ertiga Hybrid Sport hadir dengan beragam teknologi yang membuat berkendara lebih nyaman dan minim getaran

First Drive Suzuki Ertiga Hybrid Sport, Minim Getaran
Photo: Trenoto
rating Trenoto:

TRENOTO – Suzuki Ertiga Hybrid Sport resmi meluncur dengan beragam pembaruan khususnya di inovasi teknologi. Berkat pengembangannya, mobil yang hadir di segmen LMPV dipercaya bisa menjadi pilihan alternatif.

Hal ini dikarenakan teknologi hybrid membuat konsumsi bahan bakar bisa lebih hemat ketimbang konvensional. TrenOto berkesempatan untuk mencoba langsung perfoma dari Ertiga Hybrid di pabriknya di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Dalam kesempatan itu kami menggunakan varian tertinggi yaitu Suzuki Ertiga Hybrid Sport AT. Saat pertama kali duduk di kursi, pandangan langsung tertuju pada panel informasi di balik lingkar kemudi yang kini memiliki tampilan lebih atraktif dan modern dibanding sebelumnya.

Photo : Trenoto

Kesan canggih juga sedikit terasa berkat adanya beberapa tombil pengaturan, termasuk fitur cruise control. Tentu kehadiran tombol ini akan memudahkan pengemudi mengatur fitur apa yang hendak digunakan.

Perlu diketahui bahwa Suzuki Ertiga Hybrid menggunakan mesin K15B yang sudah disematkan teknologi Smart Hybrid. Dalam teknologi tersebut terdapat ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-Ion Battery guna mengoptimalkan konsumsi bahan bakar.

Photo : Trenoto

Meski lebih hemat bahan bakar, bukan berarti perfomanya menurun. Pabrikan berlogo S ini menegaskan bahwa mesin mampu menghasilkan tenaga 103 hp serta torsi 138 Nm.

Kemudian tenaga tersebut disalurkan pada 2 roda depan melalui transmisi otomatis 4 percepatan atau manual 5 percepatan.

Selain itu Suzuki mengklaim bahwa salah satu fungsi dari ISG adalah membuat getaran saat menyalakan mesin menjadi lebih halus. Hal tersebut cukup terbukti ketika kami menyalakan mesin, getarannya tidak terlalu terasa.

Transmisi pun kami pindahkan ke D dan pedal gas ditekan. Secara umum, karakternya tidak banyak berubah namun tetap harus diapresiasi bahwa getaran pada mesin terasa lebih halus juga senyap.

Dampak positif dari Suzuki Smart Hybrid pun kembali terasa ketika menambah kecepatan. Akselerasi mobil terasa cepat berkat adanya penyaluran daya dari baterai ke mesin sehingga kinerjanya lebih optimal dan hemat bahan bakar.

Photo : Trenoto

Menariknya, ketika mengurangi kecepatan tampilan pada speedometer akan berubah serta memperlihatkan sedang terjadi pengisian daya ke baterai. Dengan demikian tidak ada lagi energi terbuang sia-sia.

Kami juga mencoba salah satu fitur terbarunya yaitu cruise control. Mobil pun berjalan sesuai kecepatan yang sudah ditentukan sehingga bila digunakan dalam jarak jauh, konsumsi bahan bakar lebih terjaga karena kecepatannya konstan.

Dengan keunggulan serta harga kompetitif, tidak mengherankan bila Suzuki optimis Ertiga Hybrid akan diterima di masyarakat nantinya.

Artikel Terkait