Kesan Pertama Tunggangi Hyundai Creta Varian Tertinggi

Menjadi mobil pertama HMID yang diproduksi di Cikarang, bagaimana kesan pertama mengendarai Hyundai Creta

Kesan Pertama Tunggangi Hyundai Creta Varian Tertinggi
Photo: Pribadi
rating Trenoto:

Memiliki beberapa fitur menarik, salah satunya Cooled Glove Box

Harga yang ditawarkan varian teratas cukup mahal, hampir Rp400 juta

TRENOTO – Menjadi mobil pertama yang diproduksi PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) di Cikarang, Jawa Barat, Hyundai Creta diklaim memiliki beragam keunggulan dan mampu bersaing di pasar otomotif Tanah Air.

Selain bersaing dari sisi harga, mobil ini diklaim nyaman dikendarai dan memiliki fitur unggulan. Melihat hal ini, TrenOto mendapatkan kesempatan mencoba ketangguhan Hyundai Creta dari berbagai sisi. 

Photo : Pribadi

Eksterior

Dari sisi tampilan, mobil pabrikan Korea Selatan ini cukup menarik. Memiliki lampu Parametric Jewel Hidden-Type DRL dan adanya perpaduan warna two-tone, Hyundai Creta terlihat sporty.

Terdapat juga Diamond Cut Alloy Wheels berukuran 17 inci, serta ground clearance setinggi 200 mm yang menambah kesan gagah sebagai kendaraan SUV. Untuk bagian belakang, disematkan lampu High Mounted Stop Lamp dan Boomerang-type Rear Light.

Photo : Pribadi

Interior

Masuk ke dalam mobil, kesan mewah kendaran semakin terasa. Terlebih adanya display Audio berukuran 8 inci yang mampu terhubung dengan ponsel pintar. 

Cukup nyaman, Ventilated Seat pada tempat duduk bagian depan mampu mengeluarkan udara segar, sehingga cocok digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Saat berkendara, pengemudi juga bisa mengetahui informasi kendaraan melalui Full TFT LCD Meter Cluster berukuran 10,25 inci.

Photo : Pribadi

Performa

Kelebihan dari sisi eksterior dan interior sudah sering kali dibahas. Karena itu, kami akan fokus pada kesan pertama mengendarai Hyundai Creta.

Menggunakan mesin Smartstream 1.5L, tarikan mobil ini tak mengecewakan. Terlebih adanya empat mode berkendara yang bisa dipilih sesuai keinginan pengemudi serta sistem Intelligent Variable Transmission (IVT).

Saat dipacu dari 0 hingga 80 kilometer per jam, mobil ini cukup responsif. Perbedaan yang dirasakan pengendara ketika menggunakan mode berkendara Eco, Comfort, Smart dan Sport tak terlalu menonjol. 

Meski demikian, mode sport tentu memberikan performa lebih mumpuni apabila pengemudi menginginkan kendaraan melaju dengan kecepatan cukup tinggi. 

Saat harus memutar balik dan berbelok, mobil ini cukup stabil serta mudah dikendalikan. Saat melalui jalan berpasir dan basah, fitur Traction Control Mode cukup membantu.

Pengalaman berkesan lain yang mampu menarik perhatian pengemudi dan memberikan kenyamanann ekstra ialah sistem hiburan pada kendaraan. Hadirnya speaker unggulan Bose, membuat kenyamanan berkendara lebih terasa. 

Secara keseluruhan, kesan pertama berkendara dengan mobil ini cukup baik. Terlebih, adanya Cooled Glove Box dan Panoramic Sunroof yang menambah kesan mewah.  

Namun, perlu pendalaman lebih untuk mengetahui performa secara menyeluruh saat mobil di pacu di jalan bebas hambatan atau kenyamanan ekstra ketika harus bermacetan di jalan.