Mencoba Kymco X-Town 250i Penantang Yamaha Xmax dan Honda Forza

Kymco X-Town 250i merupakan penantang Yamaha Xmax 250 dan Honda Forza 250 yang menawarkan kenyamanan berkendara

Mencoba Kymco X-Town 250i Penantang Yamaha Xmax dan Honda Forza
Photo: istimewa
rating Trenoto:

Skutik yang nyaman dikendarai karena posisi berkendara memadai

fitur yang kurang banyak dibandingkan pesaing di kelasnya.

TRENOTO – Kymco X-Town 250i merupakan salah satu alternatif skutik gambot kelas 250 cc yang menarik perhatian. Motor asal Taiwan ini menawarkan pengalaman berkendara yang berbeda dari para pesaing di kelasnya.

Kymco X-Town 250i yang masuk ke pasar Tanah Air Juni 2021, menantang Yamaha Xmax dan Honda Forza yang lebih dulu hadir. Berbeda dari motor asal Taiwan lainnya, Kymco X-Town tidak dipasarkan dengan harga murah.

Skutik gambot ini dipasarkan dengan harga Rp 64.5 juta. Sementara Honda Forza dibanderol RP 84.6 juta dan Yamaha Xmax 250 diniagakan Rp 61.4 juta.

Dari segi harga motor yang datang secara utuh dari Taiwan ini memang cukup bersaing. Namun bagaimana dari segi fitur-fitur yang ditawarkan dan apa saja keunggulannya dari motor ini.

Kymco sendiri sebelumnya telah memasarkan skutik berkapasitas mesin 250 cc yakni Downtown. Keduanya dikatakan tidak akan saling berebut pasar meskipun bersaing di kelas yang sama.

Kymco X-Town dan Downtwn dikatakan memiliki karakter konsumen yang berbeda satu sama lain. X-Town disebut cocok untuk konsumen perkotaan yang sibuk dengan aktivitasnya sehari-hari.

Sedangkan Downtown diklaim cocok untuk para pencinta kegiatan touring jarak jauh. Dikarenakan motor ini memang dirancang untuk nyaman dipergunakan jarak jauh.

Sebelum menentukan pilihan, ada baiknya membaca terlebih dahulu pandangan kami akan kendaraan ini. Kymco X-Town sempat kami uji di berbagai kondisi jalan seharian untuk merasakan keunggulannya.

Desain

Bicara desain, rancang bangun kendaraan ini memiliki karakter yang berbeda dari sang kakak yakni Downtown. Produk terbarunya kali ini mengusung bahasa desain yang lebih galak.

Tampilan X-Town terlihat lebih maskulin dengan penggunaan lampu DRL LED pada depan maupun belakang. Bodinya sendiri lebih banyak memamerkan ototnya yang kekar seperti seorang bodi builder.

Photo : istimewa

Jelas berbeda dengan Downtown yang lebih kalem dan cenderung membulat bodinya. Riding position hingga tampilannya Downtown menyiratkan petarung yang tangguh menembus berbagai medan jalan.

Dimensi

Kymco X-Town memiliki dimensi yang mirip-mirip dengan para pesaingnya. Motor ini panjangnya mencapai 2.235 mm dengan lebar 780 mm dan tinggi 1.370 mm.

Sementara jika dibandingkan dengan pesaingnya yakni Yamaha Xmax panjangnya 2.185 mm, lebar 775 mm dan tinggi 1.465 mm. Lalu Honda Forza dimensinya juga hampir sama panjang 2.145 mm, lebar 750 mm dan tinggi 1.360 mm.

Secara kasat mata perbedaan ini memang tidak terlalu berarti. Namun baru akan terasa perbedaannya ketika masuk parkiran, berkendara hingga saat akan diangkut towing.

Kymco X-Town 250i memiliki dimensi sedikit besar daripada pesaingnya. Walhasil dimensi bagasinya lebih besar daripada pesaingnya dan bisa dimanfaatkan untuk menambah barang bawaan.

Mesin

Motor 250 cc tentunya memiliki performa lebih baik daripada 150 cc yang lebih banyak beredar di jalanan. Maka performa yang lebih baik tentunya akan membuat konsumen lebih banyak melirik, meskipun hal itu bukanlah patokan mutlak.

Kymco X-Town 250i memiliki mesin satu silinder 249.1 cc SOHC Fi. Daya maksimum yang dapat disemburkan mencapai 20.6 hp pada 6.500 rpm dan torsi puncaknya 21.5 Nm pada 6.500 rpm.

Photo : istimewa

Sementara Yamaha Xmax besaran tenaganya mencapai 22.5 hp pada 7.000 rpm dan torsinya 24.3 Nm pada 5.500 rpm. Lalu Honda Forza bertenaga 22.7 hp pada 7.750 rpm dan torsinya mencapai 24 Nm pada 6.250 rpm.

Secara garis besar, Kymco memang lebih kecil tenaganya dibandingkan para pesaingnya. Namun tenaga motor asal Taiwan ini sudah maksimal sejak putaran 6.500 rpm.

Ini membuat tarikan awal kendaraan akan lebih baik walaupun kecepatan maksimal kendaraan akan terasa kurang mumpuni.

Impresi

Kali pertama penulis merasakan pengalaman berkendara dengan Kymco X-Town 250i cukup mengesankan. Panjang kendaraan yang melebihi dua meter dan lebar mendekati satu meter, sedikit merepotkan untuk melakukan manuver.

Pengendara yang memiliki postur tinggi hanya 168 cm kaki cukup bisa menapak dengan sempurna. Kesan menyenangkan dari mengendarai produk-produk Kymco adalah mendapatkan rasa nyaman.

Photo : istimewa

Jok yang tebal dan empuk memberikan pengalaman berkendara yang berkesan. Meskipun tidak memiliki jok seempuk Downtown namun bukan berarti tidak mendapatkan kenyaman khas Kymco.

Kymco X-Town 250i juga tidak dilengkapi dengan lampu utama LED alias masih menggunakan bohlam biasa. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada pilihan konsumen yang sudah cukup kritis dalam menentukan tunggangan.

Artikel Terkait