Test Drive Hyundai Creta, Telisik Transmisi IVT Pengembangan CVT

Test drive Hyundai Creta TrenOto manfaatkannya untuk menelisik kinerja transmisi IVT yang merupakan pengembangan dari CVT

Test Drive Hyundai Creta, Telisik Transmisi IVT Pengembangan CVT
Photo: hyundai
rating Trenoto:

Kinerja transmisi IVT lebih baik dari CVT, cukup responsif dan stabil

Gerungan khas transmisi CVT masih terasa

TRENOTO – PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) mengadakan acara test drive Hyundai Creta untuk media nasional di Bali baru-baru lalu (26-27 Januari 2022). Sebelum acara ini, TrenOto pernah mendapatkan kesempatan first impression SUV buatan pabrik Hyundai Cikarang, Jawa Barat dan secara rinci mengupas soal desain ekterior interior plus mesin dengan sedikit performanya.

Pada kesempatan test drive di Bali, TrenOto coba fokus merasakan bagaimana feeling berkendara Hyundai Creta. Mulai dari stabilitas pengendaraan termasuk unjuk kerja suspensi hingga performa mesin plus sebagai main course menelisik kinerja transmisi IVT yang merupakan pengembangan dari CVT.

Stabilitas dan Kinerja Suspensi Hyundai Creta

Perjalanan dimulai dari Bandara Igusti Ngurah Rai, Bali ke arah selatan via tol Bali Mandara. Stabilitas Hyundai Creta cukup teruji ketika TrenOto mencoba melakukan manuver berpindah jalur plus masuk tikungan panjang dengan kecepatan rata-rata 60-80 km/jam.

Photo : hyundai

Gejala negatif pengendaraan terasa minim atau jika pun ada masih dalam batas toleransi. Intinya Creta dapat dengan mudah dikendalikan sesuai sudut jalan yang diinginkan.

"Beberapa improvent dilakukan pada bagian suspensi, meski suspensi tergolong empuk namun handlingnya tetap kita maintance," kata Heri Setiawan, Assistant Manager of Asia Pacific R&D Team Hyundai Motor Asia Pacific HQ.   

Pada kesempatan ini juga, fitur keselamatan aktif Hyundai SmartSense selalu memberikan respon terhadap kondisi yang dihadapi oleh pengemudi. Di antaranya adalah forward collision avoidance assist, lane following assist, lane keep assit juga blind spot collision avoidance.

TrenOto merasakan betul kinerja dari Hyundai SmartSense, terutama saat mencoba mengembangkan kecepatan lebih tinggi. Misal, saat mendadak pindah jalur muncul peringatan begitu juga jika ada objek yang mendekat dari bagian samping.