Test Drive Singkat Toyota Avanza dan Veloz 2022

All new Toyota Avanza dan Veloz 2022 hadir dengan berbagai pembaruan dan fitur-fitur terkini yang memudahkan pengemudi

Test Drive Singkat Toyota Avanza dan Veloz 2022
Photo: Pribadi
rating Trenoto:

Dilengkapi banyak fitur baru yang memudahkan pengemudi

Harganya menjadi lebih mahal

TRENOTO – All new Toyota Avanza dan Veloz yang baru diluncurkan beberapa waktu lalu masih menjadi perbincangan hangat. Mobil sejuta umat yang masuk generasi ketiga ini menyuguhkan banyak pembaruan sehingga mengundang rasa penasaran.

Trenoto mendapatkan kesempatan untuk merasakan sensasi berkendara dengan Avanza dan Veloz baru selama 30 menit. Dengan waktu yang terbilang singkat tersebut, kami fokus pada ubahan performa mesin yang kini berbeda haluan.

Kami juga dibuat terkesima dengan suguhan ruang kabin kendaraan jenis Low MPV ini. Berbagai sentuhan baru, berhasil memberikan kesan baru terutama saat berada di belakang kemudi.

Mobil yang tampilannya berubah total ini juga menjadi daya tarik baru di rute pengetesan. Wujudnya kini terlihat futuristik dan kabar mengenai fiturnya yang bertambah banyak, tak ayal kendaraan ini menjadi magnet baru di jalanan.

Performa

All new Toyota Avanza dan Veloz sebenarnya masih menggunakan mesin yang sama dengan kode NR. Pabrikan mobil asal Jepang ini menawarkan dua mesin yakni 1NR-VE 1.329cc 4-silinder dan 2NR-VE 4-silnder.

Mesin ini masih mengandalkan teknologi Dual VVT-i yang telah erbukti andal dan cukup efisien dalam penggunaan bahan bakar. Bagian paling menariknya adalah mesin mobil ini melintang yang artinya menjadi penggerak roda depan (FWD).

Avanza dan Veloz yang selama ini dikenal tangguh di berbagai medan jalan, kini beralih ke nuansa baru. Terlebih penyalur dayanya juga ikut mendapat sentuhan baru yakni CVT (Continious Variable transmission).

Photo : Pribadi

Disebutkan mesin 1.3 Avanza 2022 mampu menghasilkan daya maksimal 96 hp dan torsi 121.6 Nm. Sementara dapur mekanis 1.5 bisa memuntahkan tenaga 104 hp dan torsi puncak 137 Nm.

Dalam kesempatan ini, kami mencoba unit Avanza 2022 dan Veloz 2022 varian tertinggi. Dengan waktu yang singkat (30 menit) pengetesan hanya bisa dilakukan sangat terbatas.

Impresi awal kami pada mesin NR dengan penggerak depan sebenarnya cukup mengesankan. Ciri khas dari transmisi CVT yang lebih halus pergerakannya, menjadi pembeda dari generasi sebelumnya.

Akselerasi Avanza maupun Veloz 2022 terasa lebih halus tanpa adanya hentakan tentunya. Bahkan ketika pedal gas diinjak dalam-dalam sekalipun pergerakan mobil dari dalam kabin tetap nyaman.

Tidak kalah menarik dari impresi berkendara dengan mobil sejuta umat ini adalah insulasi kabin. Pada Veloz 2022 kabin terasa senyap dan sedikit lebih baik daripada Avanza 2022.

Suspensi

Disebutkan platform FF yang disematkan pada Avanza maupun Veloz lalu bersanding dengan setingan baru peredam kejut, memberikan stabilitas mumpuni.

Pabrikan asal negeri Sakura tersebut mengatur kecepatan spring rate dan damper pada suspensi duo Low MPV ini. Hasilnya pengendalian kendaraan lebih terukur dan tentunya nyaman.

Dalam kesempatan yang sama kami merasakan perbedaan kedua kendaraan tersebut dibandingkan generasi sebelumnya. Pada Veloz 2022, kemampuan alat peredam kejutnya mampu menopang kendaraan dengan sempurna saat bermanuver.

Lebih jauh peredaman saat melintasi medan jalan bergelombang juga ciamik. Kinerja suspensi tidak memberikan dampak signifikan pada alat kemudi. Artinya pengendalian kendaraan tetap stabil.

Fitur

Sebagai pelopor Low MPV di Indonesia, Avanza dan Veloz 2022 menawarkan beragam pembaruan yang berlimpah. Pada kedua varian teratas dari Low MPV tersebut, sudah dibekali dengan platform TSS (Toyota Safety Sense).

Dengan waktu yang sempit, kami hanya bisa merasakan beberapa fitur saja seperti, Lane Departure Assist, Pre Collision System, Blind Spot Monitoring dan Lane Departure Assist.

All Round View Camera pada Veloz 2022 sangat membantu pengemudi dalam melakukan manuver. Contohnya saat hendak keluar dari tempat parkir ke jalan raya, pengemudi terbantukan dengan kamera yang terhubung dengan layar monitor 9 inci di dasbor.

Photo : istimewa

Melalui layar tersebut, pengemudi bisa mengetahui jarak objek di depan kendaraan. Sehingga saat berkendara di jalanan yang padat, teknologi ini bisa sangat membantu.

All Round View Camera juga langsung aktif saat pengendara menghidupkan lampu sein. Namun hal ini hanya terjadi saat kecepatan mobil tidak terlalu tinggi.

Fitur Lane Departure Assist juga cukup membantu agar kendaraan tetap berada di lajur yang semestinya. Namun untuk urusan yang satu ini, pengemudi tidak boleh lengah dan kehilangan konsentrasi.

Kesimpulan

Toyota Avanza dan Veloz 2022 merupakan pilihan baru yang menarik bagi masyarakat di Tanah Air. Mobil sejuta umat di segmen Low MPV tersebut menawarkan berbagai kemewahan dan kenyamanan dalam berkendara.

Terlebih pada unit Veloz 2022 yang tampil lebih mewah dan fitur cukup komplit khususnya pada varian termahalnya.

Sayangnya mobil ini tidak dilengkapi dengan fitur cruise control yang bisa menambah kesenangan dalam perjalanan jauh khususnya. Lalu pada Veloz 2022 juga kami menyoroti dasbor yang menyatu dengan konsol tengah, tanpa dilengkapi kompartemen.

Photo : pribadi

Lalu di atas lacinya juga tidak terdapat kompartemen yang menempatkan barang-barang kecil. Karena meskipun sudah dibuat sedemikian rupa agar terlihat mewah, wadah penyimpanan barang tersebut tetap penting.

Di balik semua itu, Avanza dan Veloz 2022 telah tampil dengan maksimal ditambah lagi dengan fitur yang berlimpah. Walaupun imbas dari berlimpahnya fitur, konsekuensinya konsumen harus merogoh kocek lebih dalam lagi.

Artikel Terkait