Test Drive Suzuki Ertiga Hybrid, Konsumsi BBM Tembus 22 km/liter

Test drive Suzuki Ertiga Hybrid kali termasuk melakukan uji konsumsi BBM dan hasilnya cukup signifikan

Test Drive Suzuki Ertiga Hybrid, Konsumsi BBM Tembus 22 km/liter
Photo: trenoto
rating Trenoto:

Desain menarik, stabil, irit, nyaman, harga

tidak ada auto door lock dan spion lipat automatis

TRENOTO – Jujur saja, Suzuki Ertiga Hybrid adalah salah satu mobil baru yang membuat TrenOto penasaran untuk mencoba performanya. Dan kesempatan tersebut datang di awal pekan ini (20-22 Juni 2022) saat PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menggelar media test drive Suzuki Ertiga Hybrid.

Rute yang diambil juga cukup menarik, yakni Surabaya-Malang-Surabaya. Jalurnya dianggap memiliki karakteristik yang mewakili rata-rata kondisi pengendaraan di Indonesia plus tentunya cocok untuk menguji teknologi Suzuki Smart Hybrid pada low MPV ini.

Suzuki Smart Hybrid

Sebelum lebih jauh, ada baiknya kita segarkan ingatan kita pada Suzuki Smart Hybrid. Teknologi yang juga kerap disebut mild hybrid ini secara umum adalah membantu kerja mesin agar lebih rileks agar konsumsi BBM bisa lebih irit.  

Photo : trenoto

Mesin K15B andalan Suzuki pada all new Ertiga tetap menjadi motor penggerak utama. Namun pada versi hybrid dibantu oleh 2 kompatriat baru yakni Integrated Stater Generator (ISG) dan Lithium-Ion Battery bertenaga 6Ah 12V.

ISG sendiri memiliki fungsi sebagai motor dan generator yang meng-assist energi untuk mesin pada awal akselerasi. Komponen yang mengambil energi saat deselerasi ini bekerja saat fitur engine start stop aktif, di mana mesin akan mati pada kondisi mobil berhenti dan baterai mengambil alih untuk menjadi sumber tenaga. Selanjutnya semua part yang butuh asupan listrik akan terus menyala sampai kondisi waktu tertentu alias dayanya cukup.

Mesin akan kembali menyala secara otomatis ketika tenaga baterai berkurang hingga kurang lebih indikatornya menunjukan 2 strip hijau. Kinerja-kinerja di atas sangat cocok jika Suzuki Ertiga Hybrid sering beroperasi di perkotaan yang padat.

Artikel Terkait