Test Drive Suzuki XL7, SUV yang Nyaman buat Keluarga

Mencoba Suzuki XL7 di berbagai medan jalan sekaligus menikmati berbagai fitur unggulannya bersama keluarga

Test Drive Suzuki XL7, SUV yang Nyaman buat Keluarga
Photo: pribadi
rating Trenoto:

Tampilan lebih sporti dari Ertiga dan fiturnya menyenangkan

belum dilengkapi fitur pintar seperti kompetitornya

TRENOTO – Suzuki XL7 hadir sebagai kendaraan jenis SUV yang dikembangkan dari Low MPV mereka yakni Ertiga. Diluncurkan pertama kalinya pada Februari 2020, XL7 telah menggunakan platform terbaru Suzuki yakni HEARTECT.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebelumnya telah menyematkan platform yang sama pada Ignis, Baleno dan Swift. Teknologi yang disematkan pada sasis ini, dikatakan membuat bobot kendaraan lebih ringan hingga 30 kilogram.

Di Tanah Air, XL7 masuk ke segmen Low SUV yang di dalamnya sudah dihuni oleh Honda BR-V, Toyota Rush, Daihatsu Terios, Xpander Cross dan DFSK Glory 560.

Meskipun merupakan unit yang dikembangkan dari Ertiga terkini, namun SIS menyebutnya sebagai model baru. Hal ini dikarenakan Suzuki XL7 menggunakan sekitar 300 komponen berbeda dibandingkan Ertiga.

Ubahannya tidak mencakup pada bagian mesin, karena mesin Ertiga dan XL7 sama saja yakni 1.5L dengan kode K15B. Mesinnya berkonfigurasi empat-silinder dan disandingkan bersama pilihan transmisi manual lima percepatan dan otomatis empat percepatan.

Pada kesempatan kali ini, Kami (TrenOto) berkesempatan untuk mencoba Suzuki XL7. Kami mencoba unit satu ini di berbagai medan jalan mulai dari aspal hingga perbukitan.

Eksterior

Bicara tampilan mobil sebenarnya tidak terlalu menarik lagi karena unitnya sudah cukup banyak di jalanan. Untuk diketahui bahwa Suzuki XL7 saat ini merupakan unit yang lebih laris daripada Ertiga terbaru itu sendiri.

Seperti disebutkan di atas, pembeda XL7 dan Ertiga memiliki perbedaan komponen sekitar 300 unit. Paling kentara perbedaan kedua unit tampak pada fascia depan.

Sebagai SUV, XL7 memang tampak lebih garang dengan penambahan beberapa ornamen. Adapun penggunaan roof rail menjadi salah satu ciri khas SUV dan ada pada XL7.

Seperti Ignis, Suzuki juga menawarkan pilihan warna bodi two tone untuk Low SUV andalannya saat ini.