Test Ride Honda ADV 160 Gesit Bermanuver, Tenaga Merata

Bertempat di AHM Safety Riding and Training Centre, TrenOto membuktikan bahwa Honda ADV 160 gesit bermanuver

Test Ride Honda ADV 160 Gesit Bermanuver, Tenaga Merata
Photo: ahm
rating Trenoto:

Posisi berkendara lebih rendah dan bersahabat dengan postur orang Indonesia

Tidak tersedia fitur konektivitas

TRENOTO – PT Astra Honda Motor (AHM) menyediakan produk terbarunya yakni ADV 160 sebagai unit tes ride. Bertempat di AHM Safety Riding and Training Centre, Cikarang, Jawa Barat, puluhan jurnalis mendapat kesempatan untuk mencoba kendaraan tersebut.

Motor yang baru diluncurkan menjadi penerus Honda ADV 150. Berbagai sentuhan disematkan mulai tampilan hingga kapasitas mesin diperbarui untuk memberikan pengalaman berbeda pada konsumen.

Kendaraan roda dua dan mengusung konsep matik penjelajah ini tampil lebih modern dari sebelumnya. Berbekal fitur terkini kuda besi tersebut juga semakin memudahkan pengendara terutama dalam hal manuver.

Manuver Honda ADV 160

Berada di fasilitas pengetesan motor milik AHM, kesempatan yang dimiliki cukup terbatas. TrenOto hanya menguji manuver kendaraan di lintasan sempit mirip dengan kondisi jalan di Indonesia ketika masuk ke area pada penduduk.

Kami hanya mengikuti arah cone untuk bisa merasakan lincahnya manuver dari Honda ADV 160. Dalam beberapa kondisi dibuat sudut sempit sehingga pengendara harus melintasinya cukup pelan.

Fasilitas pengetesan motor tersebut juga memiliki rintangan mirip area motocross yakni table top. Beberapa kali kami mencoba dengan kecepatan rendah maupun kencang melintasinya.

Photo : ahm

Motor tetap stabil dan khususnya tidak kekurangan tenaga. Lalu juga terdapat area speed trap untuk menguji suspensi kendaraan.

Pada area tersebut pengendara dengan bobot hampir 100 kilogram merasa suspensi belakang terlalu keras. Mungkin apabila berboncengan akan sedikit lebih empuk.

Posisi Berkendara Honda ADV 160

Honda ADV 160 datang dengan sejumlah pembaruan dan salah satunya adalah posisi berkendara. Satu yang kami cermati adalah posisi setang atau alat kemudi lebih rendah dari sebelumnya.

Lalu jok juga dikembangkan lebih turun sekitar 15 mm. Hal ini guna memberikan kenyamanan lebih pada pengendara berpostur di bawah 165 cm.

Baca juga : 2 Inspirasi Modifikasi Honda ADV 160

Namun konsumen dengan lingkar paha besar tetap akan kesulitan menapak secara sempurna saat berhenti. Walhasil kedua kaki harus sedikit jinjit atau ditekuk.

Kemudian posisi berkendara motor ini juga membuat nyaman. Khususnya bagi konsumen yang melakukan perjalanan jauh.

Artikel Terkait