Toyota Raize SUV Kompak Kaya Fitur terkini

Toyota Raize hadir sebagai SUV kompak 5 penumpang yang telah dibekali dengan fitur-fitur terkini dan menggunakan mesin turbo

Toyota Raize SUV Kompak Kaya Fitur terkini
Photo: Toyota
rating Trenoto:

SUV kompak Toyota yang dibekali dengan banyak fitur terkini dan mesin inovatif

bodi kecil dan material kurang bagus

TRENOTO – Toyota Raize hadir ke Indonesia dengan mengusung fitur-fitur terkini yang memanjakan para konsumennya. Raize sendiri merupakan proyek kolaborasi yang kembali dilakukan bersama Daihatsu dengan nama Rocky.

Mobil ini pertama kali dipasarkan di Jepang pada 2019. Lalu kendaraan ini mulai menyapa para penggemarnya di Malaysia dan sekarang mulai dipasarkan di Indonesia.

Meskipun menggunakan basis yang sama, Toyota Raize memiliki sejumlah perbedaan dengan Daihatsu Rocky. Mobil yang diproduksi di pabrik Daihatsu ini dibedakan pada bentuk grille dan beberapa aksesori di dalam kabin.

Di Indoneesia, Toyota Raize dipasarkan dalam enam varian berbeda. Adapun variannya meliputi Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS, 1.0 Turbo GR Sport CVT, 1.0 Turbo G CVT, 1.0 Turbo G M/T, 1.2 G CVT dan 1.2 G M/T.

Toyota Raize hadir sebagai pilihan baru konsumen di Indonesia yang membutuhkan SUV kompak. Kendaraan ini juga mengincar keluarga muda baru yang dinamis dan mengedepankan gaya hidup dalam berkendara.

Di negara asalnya, Raize dipasarkan dalam 2 sistem penggerak yakni 4WD (Wheel Drive) dan 2WD (Wheel Drive). Sayangnya di Tanah Air mobil ini ditawarkan hanya penggerak 2 roda saja.

Dalam kesempatan kali ini, kami akan menceritakan pengalaman berkendara dengan Toyota Raize. Meskipun cukup singkat hanya 1 hari saja, namun cukup memberikan kesan yang bermakna akan produk terbaru PT Toyota Astra Motor (TAM) ini.

Eksterior

Sebagai kendaraan masa kini, bahasa desain Raize bisa dibilang mengikuti produk lainnya yakni C-HR. Mobil yang mencoba tampil futuristik namun tetap mengedepankan unsur sporty, terlihat cukup banyak siluet dan tarikan garis tegas.

Garis-garis tegas pada kendaraan memang memberikan kesan berkarakter nan tegas. Kesan ini mungkin akan sangat diminati bagi konsumen di perkotaan, namun mungkin akan terlihat tidak biasa di daerah.

Mobil ini sudah menggunakan sistem penerangan model LED. Pada bagian depannya terdapat DRL dan lampu kabut atau biasa dikenal fog lamp.

Photo : Toyota

Sementara pada bagian belakangnya menggunakan kombinasi LED dan bulb. Pada versi temahal dari Raize, bagian bumpernya terdapat ekstra spoiler yang semakin menambah kesan sporti pada kendaraan.

Toyota Raize dibekali dengan velg 17 inci dengan desain palang yang tegas. Menariknya pabrikan asal jepang ini juga memberikan velg dan ban dengan ukuran yang sama untuk serepnya.

Interior

Kabin Toyota Raize menawarkan ruang serba hitam yang identik dengan nuansa sporti. Dasbor pada kendaraan ini masih menggunakan bahan keras dan terkesan sederhana.

Bagi anak sekarang yang mementingkan bahan empuk-empuk pada interior, hanya tersedia di bagian handle pintu dan alat kemudi saja. Lalu pada beberapa bagian terdapat aksen diamond yang memberikan kesan lebih berkarakter.

Sebagai SUV kompak, mobil ini terasa penuh bagi konsumen dengan postur tubuh besar. Sementara jok bagian depannya sudah menggunakan model semi bucket.

Jok model ini akan membuat pergerakkan akan terasa lebih dibatasi. Meskipun akan lebih aman karena akan terjaga ketika melakukan manuver.

Photo : Toyota

Lebih jauh jok ini menggunakan bahan fabric yang dipadukan dengan kulit di bagian sampingnya. Padu padan ini membuat duduk lebih terasa nyaman ditambah lagi dengan busa yang tebal.

Toyota Raize menawarkan fitur-fitur modern yang memanjakan mata serta pengalaman berkendara pengemudi maupun penumpang. Pengendara akan dimanjakan dengan panel meter digital nan informatif.

Layar berukuran 9 inci tersebut menawarkan sistem hiburan meliputi radio, USB, bluetooth hingga sambungan konektivitas untuk smartphone melalui sambungan kabel. Di dalamnya juga sudah disematkan aplikasi M-Toyota yang bisa digunakan untuk melihat informasi kendaraan.

Lalu di sampingnya terdapat monitor besar sebagai pusat entertainment dan berbagai fitur. Mobil ini juga telah menggunakan fitur AC digital dengan tampilan yang lebih modern.

Aura sporti pada kabin semakin lengkap dengan adanya paddle shift. Untuk konsumen yang membeli unit tipe teratas sudah dibekali dengan tombol start-stop dan juga teknologi smart entry.

Sementara pada alat kemudinya juga sudah ada beberapa tombol untuk mengatur sistem audio dan fitur cruise control. Tombol-tombol tersebut bisa menambah kenikmatan berkendara dan tidak mengurangi konsentrasi.

Fitur Keselamatan

Toyota Raize telah dibekali dengan fitur keselamatan aktif maupun pasif yang mumpuni. Fitur aktifnya masuk ke dalam platform baru yang diunggulkan yakni Toyota Safety Sense (TSS).

Adapun fitur di dalamnya antara lain Hill Start Assist, Vehicle Stability Control, 6 airbag D/P/S/C, Rear Cross Traffic Alert with Blind Spot Monitoring, Front Departure Alert, Adaptive Cruise Control, Pre-Collision System, Pedal Missoperation Control, Lane Departure Assist with Steering Control.

Photo : Toyota

Fitur-fitur di atas akan memberikan pengalaman baru yang menyenangkan saat berkendara. Meskipun begitu, pengendara tetap harus waspada karena pada dasarnya fitur hanyalah bantuan semata.

Salah satu contohnya adalah fitur Pedal Missoperation Control. Fitur tersebut berguna untuk mencegah kendaraan mengalami insiden dengan melakukan intervensi pengereman oleh sistem.

Fitur ini juga diperkuat dengan bunyi-bunyian juga sinyal pada panel meter pra-kejadian. Namun semua hal tersebut hanya membantu pengendara.

Untuk wialayah perkotaan, fitur yang paling sering aktif pada Toyota Raize adalah RCTA BSM. Karena melintasi jalanan yang padat akan membuat fitur ini akan lebih sering berbunyi dan memberikan sinyal pada pengendara.

TSS yang disematkan pada Toyota Raize merupakan salah satu dobrakan merek asal Jepang tersebut. Sebelumnya teknologi keselamatan ini hanya dijejalkan pada model-model premium Toyota.

Mesin

Toyota Raize ditawarkan dalam dua pilihan mesin yang menarik. Pilihan pertama dan menjadi unit termahal adalah 1.0 turbocharger yang dihuni oleh tiga-silinder segaris.

Dengan bantuan turbocharger, jantung mekanis kendaraan dikatakan mampu mengahasilkan daya selayaknya 1.500 cc. Di atas kertas daya yang dihasilkan sebesar 96 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncaknya 140 Nm pada 2.400 – 4.000 rpm.

Photo : Toyota

Sementara pilihan mesin satunya lagi adalah 1.200 cc naturally aspirated. Mesin ini dikatakan jenis baru bukan meminjam teknologi dari kendaraan sebelumnya.

Mesin tiga-silinder 1.200 cc ini dipercaya mampu menghasilkan daya 86 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 112 Nm pada 4.500 rpm.

Mobil SUV kompak ini dipasangkan tangki bahan bakar yang mampu menampung sebanyak 36 liter. Jika berdasarkan klaim pabrikan konsumsi bahan bakar mencapai 1 : 18 km/liter, maka seharusnya kendaraan sudah cukup efisien.

Kesimpulan

Toyota Raize merupakan pilihan baru yang menarik bagi kaum urban yang hidup di perkotaan. Konsumen tinggal memilih varian 1.2 na atau 1.0 turbo. Keduanya memang memang memiliki keunggulan masing-masing.

Namun Toyota menempatkan varian mesin turbo sebagai tipe teratas dan termahal tentunya. Walhasil fitur-fitur istimewa yang disebutkan di atas hanya bisa ditemui pada versi turbo.

Harga Toyota Raize 2021

1.0T G M/T ONE TONE

IDR. 219.900.000

1.0T G M/T TWO TONE

IDR. 222.200.000

1.0T G CVT ONE TONE

IDR. 233.100.000

1.0T G CVT TWO TONE

IDR. 235.400.000

1.0T GR CVT ONE TONE

IDR. 244.700.000

1.0T GR CVT TWO TONE

IDR. 247.000.000

1.0T GR CVT TSS ONE TONE

IDR. 263.700.000

1.0T GR CVT TSS TWO TONE

IDR. 265.900.000

1.2 G M/T ONE TONE

IDR. 202.700.000

1.2 G CVT ONE TONE

IDR. 215.800.000

 

Artikel Terkait