Tantang Honda Brio, Daihatsu Sirion Facelift Klaim Lebih Irit

Daihatsu Sirion Facelift diklaim lebih irit dari edisi sebelumnya berkat dibekali fitur baru di dalamnya

Tantang Honda Brio, Daihatsu Sirion Facelift Klaim Lebih Irit
Photo: TrenOto

TRENOTO – Daihatsu Sirion Facelift baru saja diluncurkan dan menantang Honda Brio di pasar City Car Indonesia. Mobil mungil disebut-sebut mengalami ubahan pada sektor jantung pacu yang menambah efisiensi bahan bakar.

Sebagai mobil yang telah dipasarkan di Tanah Air sejak 2007 ini mengalami 3 ubahan mendasar. Seperti telah TrenOto wartakan sebelumnya, mobil tersebut menyasar sahabat muda untuk mendukung kebutuhannya sehari-hari.

“Daihatsu menghadirkan SIrion dengan tampilan sporti, didukung dengan beragam fitur kekinian yang sesuai dengan para generasi muda. Langkah ini sesuai dengan tagline #SahabatMuda,” kata Dendy Triyanto, Executive Coordinator Head of Product Department PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di sela-sela peluncuran (02/06).

Photo : TrenOto

Selain ubahan menyasar pada 3 hal mendasar meliputi Stylish, Fun to Drive dan Comfort. ADM juga membuat produk terbarunya tersebut lebih irit bahan bakar.

Disebutkan Daihatsu Sirion Facelift menggendong mesin dengan kode 1 NR-VE DOHC Dual VVT-i. Adapun kapasitas mesinnya 1.329 cc empat silinder segaris 16 valve.

Lalu jantung mekanis tersebut dipercaya mampu menghasilkan daya mencapai 93 hp pada 6.000 rpm. Sedangkan torsi puncaknya diklaim sebesar 119 Nm pada 4.200 rpm.

Mesin Daihatsu Sirion Facelift memang tidak mendapat ubahan sama sekali. Namun ADM mengatakan telah membenamkan satu fitur baru yang mendukung efisiensi.

City Car buatan Malaysia tersebut sekarang dibekali dengan fitur Idle Stop System. Sistem tersebut dikatakan membantu mereduksi penggunaan bahan bakar sehingga menjadi lebih efisien.

Photo : TrenOto

“Fitur Idle Stop System berdasarkan hasil riset internal kami bisa membuat lebih irit 10 persen dari sebelumnya. Angka ini lumayan untuk anak muda,” jelas Hendrayadi Lastiyoso, Customer Relation Division Head Astra International Daihatsu Sales Operation di kawasan Serpong, Banten.

Lebih lanjut dikatakan bahwa konsumsi BBM Daihatsu Sirion Facelift mencapai 21 km/liter.

Hasil yang dibukukan produk terbaru Daihatsu sama dengan catatan Honda Brio. Pihak Honda Prospect Motor menyatakan konsumsi BBM produknya tersebut 21 km/liter.

Artinya persaingan di kelas City Car akan lebih menarik. Meskipun diketahui saat ini Honda Brio masih menjadi mobil paling laris di Indonesia karena salah satu variannya termasuk kendaraan LCGC (Low Cost Green Car).

Artikel Terkait