Toyota GR Yaris AP4 Milik Ryan Nirwan Siap Ikut Kompetisi

Ryan Nirwan siap hadapi Kejurnas Rally dan Sprint Rally menggunakan Toyota GR Yaris AP4 yang telah rampung dikerjakan

Toyota GR Yaris AP4 Milik Ryan Nirwan Siap Ikut Kompetisi
Photo: @ryannirwannn

TRENOTO – Toyota GR Yaris hadir sebagai salah satu mobil langka serta hanya diproduksi sebanyak 25.000 unit. Indonesia sendiri hanya mendapat jatah sebanyak 125 unit dan semua sudah habis bahkan sebelum peluncuran dilakukan.

Tingginya peminat membuat Toyota Astra Motor memutuskan untuk melakukan pengundian siapa saja yang berhasil mendapatkan model tersebut. Menariknya, ada beberapa orang langsung menjualnya dengan harga naik berkali-kali lipat.

Namun tidak sedikit dari yang mendapatkannya tetap mempertahankan unit. Beberapa diantaranya pun melakukan modifikasi agar mobil bisa menjadi lebih optimal dan apik bila dibandingkan tampilan standar.

Photo : @ryannirwannn

Salah satu yang melakukan modifikasi paling ekstrem adalah Ryan Nirwan, pembalap dari Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI). Toyota GR Yaris telah diubahnya menjadi GR Yaris AP4.

“Setelah penantian selama 2.5 tahun, setelah ratusan pertanyaan kapan GR Yaris AP4 akan datang, akhirnya! Tapi penantian itu terbayarkan dengan lunas plus bonus, mobilnya seganteng itu!,” ungkapnya dalam Instagram @ryannirwannn.

Mobil yang akan mengikuti Kejurnas Rally dan Sprint Rally di Indonesia ini dikerjakan  oleh Choice Motorsport, bengkel modifikasi di Selandia Baru. Beragam ubahan pun telah dilakukan untuk memastikan kendaraan menjadi lebih tangguh.

Ubahan yang paling mudah terlihat adalah dari sisi eksterior karena telah dilengkapi oleh bodykit sehingga membuatnya menjadi lebih lebar. Hal ini karena mobil sudah mendapatkan ubahan pada fender depan, fender belakang serta bumper belakang.

Photo : @ryannirwannn

Agar memiliki downforce optimal, mobil juga sudah dilengkapi oleh dua lapis sayap belakang atas. Ukurannya pun terbilang besar sehingga membuatnya menjadi lebih stabil saat berkompetisi.

Di dalam kabin, beragam ubahan juga sudah dilakukan guna mendukung kemudahan dalam berkendara saat bertanding. Beberapa penguatan juga telah dilakukan dengan memasangkn roll bar agar pengemudi tetap terlindung saati terjadi kecelakaan.

Meski sudah banyak melakukan ubahan, tetap ada beberapa bagian yang dipertahankan keasliannya. Salah satunya adalah mesin 3 silinder berkapasitas 1.600 cc turbo direct-injection.

Mesin tersebut mampu memproduksi 257 hp dan torsi puncak 360 Nm, terbilang cukup buas khususnya untuk pengendaraan di dalam kota. Meski demikian, bukan tidak mungkin bila mesin Toyota GR Yaris AP4 telah mendapat beberapa ubahan agar menjadi lebih optimal dibanding standar.

Artikel Terkait