Pasar Ekspor Honda CBR250RR, Masih Berpusat di Asia

Pasar ekspor Honda CBR250RR masih berfokus pada negara-negara Asia seperti Thailand, Malaysia dan Jepang

Pasar Ekspor Honda CBR250RR, Masih Berpusat di Asia
Photo: Trenoto
  • Oleh Adi Hidayat

  • Senin, 19 September 2022 | 21:55 WIB

TRENOTO – New Honda CBR250RR direncanakan untuk diekspor ke beberapa negara Asia seperti Thailand, Malaysia dan Jepang. Negara-negara tersebut memang sudah menjadi pelanggan sepeda motor asal Karawang.

Hal ini diungkapkan oleh Keiichi Yasuda, President Director Astra Honda Motor (AHM) di sela-sela peluncuran Honda CBR250RR. Dengan demikian diharapkan pasar dari kendaraan tersebut bisa lebih optimal.

“Kami sudah kirim ke negara-negara Asia. Untuk Thailand dan Malaysia kami ekspor Honda CBR250RR dalam bentuk CBU sementara Jepang telah dikirimkan hampir semua kebutuhan komponen hasil produksi pabrik di Karawang,” ungkapnya.

Photo : Trenoto

Ia pun menambahkan bahwa saat ini kebutuhan pasar domestik serta ekspor adalah 50:50. Sementara untuk kebutuhan domestik adalah sebesar 2.500 per tahun.

Sementara itu pasar domestik dijanjikan akan mendapat prioritas terlebih dahulu dibandingkan ekspor. Pasalnya motor sudah mulai diproduksi dan diharapkan sudah bisa dikirimkan ke pelanggan pada Oktober 2022.

“Pemesanan sudah bisa dilakukan mulai hari ini serta unit akan dikirim pada Oktober 2022,” tegas Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran PT AHM.

Sebelumnya diberitakan bahwa Honda CBR250RR telah resmi meluncur di Indonesia dengan beberapa pengembangan menarik. Ubahan dilakukan mulai dari bodi, fitur hingga mesin yang telah disesuaikan kebutuhan pelanggan.

Photo : Trenoto

Ubahan yang paling terlihat dari sisi bodi adalah ukurannya kini lebih lebar dibanding sebelumnya. Selain itu AHM juga telah menambahkan beberapa garis lebih tajam dibanding sebelumnya.

Selain memiliki desain baru, beberapa fitur juga telah disematkan pada sepeda motor untuk meningkatkan kemudahan berkendara. Salah satunya adalah digunakannya Separated Function Fork - Big Piston (SFF-Big Piston) inverted pada suspensi depan serta Hazard Lamp.

Pada varian CBR250RR SP Quick Shifter terdapat fitur Quick Shifter guna mengoptimalkan perpindahan gigi. Berkat fitur tersebut pengendara dapat menikmati akselerasi lebih responsif karena tidak ada jeda saat memindahkan gigi.

Terdapat 4 mode Quick Shifter yaitu yang mengaktifkannya untuk menaikkan dan menurunkan gigi. Kemudian ada pula mode guna menaikkan atau menurunkan gigi saja serta Quick Shifter off.

Khusus varian SP dan SP Quick Shifter dibekali mesin 250cc 2-silinder DOHC 8-katup. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 41 hp pada 13.000 rpm serta torsi 25 Nm di 11.000 rpm.

Daftar Harga CBR250RR

  1. STD Black Freedom Rp62.85 juta
  2. STD Mat Gunpowder Black Metallic Rp67.65 juta
  3. SP Mystique Blue Rp75.15 juta
  4. SPQS Bravery Red Black Rp79.2 juta
  5. SPQS Honda Racing Red Rp79.8 juta
  6. SPQS Honda Tricolor Rp79.8 juta

Artikel Terkait