Balapan MotoGP Bakal Digelar di Arab Saudi

MotoGP bakal digelar di Arab Saudi pada masa mendatang berkat MoU yang tandatangani di sela-sela MotoGP San Marino

Balapan MotoGP Bakal Digelar di Arab Saudi
Photo: @motogp

TRENOTO – Dorna Sport selaku pemegang lisensi MotoGP menandatangani Memorandum of Undestanding (MoU) atau nota kesepahaman dengan Saudi Motorsport Company (SMC). Nantinya balapan MotoGP bakal digelar di Arab Saudi.

Kesepakatan tersebut di atas dilakukan oleh kedua belah pihak di sela-sela balapan MotoGP San Marino akhir pekan lalu. HRH Pangeran Khalid Bin Sultan Al Abdulla Al-Faisal selaku Ketua Federasi Otomotif dan Sepeda Motor Saudi dan CEO Dorna Carmelo Ezpeleta bertemu dalam kesepakatan itu.

Arab Saudi akan menjadi tuan rumah dari gelaran MotoGP mendatang. Namun hingga saat ini belum diketahui kapan mereka masuk dalam kalender kejuaraan.

Photo : @saudimotorsport

Seperti dilansir MotoGP, balapan sepeda motor prototipe ini telah ditonton lebih dari 800 juta orang. Adapun gelaran tersebut disiarkan langsung ke lebih dari 200 negara di seluruh dunia.

Masuknya Arab Saudi dalam kalender MotoGP diharapkan bisa memperluas cakupan kompetisi di wilayah Timur Tengah. Namun dipastikan hadirnya negara tersebut memperpanjang jadwal balapan setiap musimnya.

Saat ini hanya Qatar yang merupakan negara di Timur Tengah sebagai penyelenggara MotoGP. Sirkuit internasional Losail menjadi tuan rumah MotoGP sejak 2004.

Baca juga : 10 Pembalap MotoGP Paling Tajir, Ada Nama Mengejutkan

“Kami senang mengumumkan MoU dengan Dorna hari ini (Senin, 05 September 2022). Kami menunggu untuk bisa bekerjasama dengan Dorna dalam menghadirkan balapan motor kasta paling tinggi di dunia ke Arab Saudi,” ucap Pangeran Khalid seperti dikutip MotoGP.com.

Ia menambahkan bahwa pihaknya ingin terus berkomitmen untuk membuktikan lebih banyak peluang juga inisiatif memperluas jaringan kepada masyarakat kami.

Photo : @the_vr46

“Sebagai pemimpin kejuaraan balap motor global kami sangat senang bisa mendapatkan kesempatan ini. Berdasarkan hasil riset 80 persen penggemar dari Saudi ingin menyaksikan balapan dari negaranya sendiri,” jelas Ezpeleta.

Lebih lanjut dikatakan bahwa Arab Saudi dalam beberapa tahun belakangan telah menunjukkan standar tertinggi dalam dunia motorsport. MoU antara Arab Saudi dan Dorna dikatakan sebagai bukti untuk memanfaatkan peluang lebih jauh.

Adapun kesepakatan tersebut di atas juga bisa memajukan bakat para pembalap muda di Arab Saudi. Sehingga memungkinkan munculnya talenta muda baru pada balapan yang lebih profesional dan mendunia.

Artikel Terkait