Polda Metro Jaya Gelar Street Race BSD Sambil Ngabuburit

Polda Metro Jaya gelar Street Race BSD sambil mengisi waktu jelang berbuka puasa atau yang kerap disebut ngabuburit

Polda Metro Jaya Gelar Street Race BSD Sambil Ngabuburit
Photo: NTMC

TRENOTO – Polda Metro Jaya akan kembali menggelar ajang Street Race atau balap motor jalanan. Setelah sukses digelar di kawasan Ancol, Jakarta Utara, kali ini menyasar daerah BSD (Bumi Serpong Damai).

Ajang Street Race merupakan wadah untuk para komunitas motor menyalurkan hobinya dalam memacu kendaraan. Kegiatan ini sendiri merupakan upaya pihak kepolisian untuk menekan gelaran balap liar.

Hajatan pertama street race diselenggarakan pada 17 Januari 2022. Sebanyak 350 bikers dari berbagai komunitas ikut meramaikan acara yang masih berstatus latihan bareng (latber).

Berbekal kesuksesan event pertama di Ancol, pihak kepolisian berencana menularkannya ke wilayah lain. Harapannya kegiatan balap liar yang meresahkan masyarakat bisa terus ditekan.

Photo : NTMC

Namun seiring dengan terus meningkatnya kasus covid-19 varian Omicron di Indonesia, gelaran street race terpaksa ditunda. Memanfaatkan momen Ramadhan dan selaras dengan menurunkan kasus covid-19, ajang street race berencana digelar kembali.

“Namanya street race BSD kita mengisi waktu untuk mengakomodir kegiatan yang positif saja. Dengan ini kami akan menggelar street race itu sambil ngabuburit,” kata AKP Dicky Dwi, Kasat Lantas Polres Tangsel seperti dikutip dari NTMC (03/04).

Belum ada tanggal pasti diselenggarakannya street race BSD. Namun pihak Kepolisian menyatakan nantinya kegiatan tersebut akan berlangsung selama 3 hari.

Menjadi lebih menarik, ajang street race tidak hanya menyasar motor saja. Namun akan menyasar komunitas mobil dan offroad.

“Hari pertama untuk balap mobil, lalu hari kedua dan ketiga untuk motor. Jadi sekarang ada balap mobil dan motocross-nya,” jelasnya.

Photo : NTMC

Seperti disebutkan sebelumnya, ajang street race di momen Ramadhan untuk mengisi waktu sebelum waktu berbuka puasa. Sehingga waktu penyelenggaraannya mendekati waktu berbuka alias sore hari.

“Pelaksanaanya nanti dimulai pada pukul 14.00 WIB karena itu pada saat bulan Ramadhan sampai 17.30 WIB. Akan ada waktu istirahat pada saat sebelum waktu ashar sampai selesai ashar,” tuturnya kemudian.

Adanya mobil yang diikutkan pada street race, menjawab kebutuhan para komunitas seperti telah diwartakan sebelumnya.

Lalu meskipun digelar di BSD, namun penyelenggara tetap Polda Metro Jaya dan melibatkan Satlantas Polres Tangsel juga Satlantas Metro Tengerang Kota.

Artikel Terkait